Kolagen ( Collagen ): protein struktural kulit

Kolagen ( Collagen ): protein struktural kulit

Kolagen ( Collagen ): protein struktural kulit

Kolagen adalah protein struktural penting di kulit. Ini memainkan peran kunci dalam menyediakan dukungan struktural untuk sel, jaringan dan organ. Jika tidak ada collagen , tubuh benar-benar akan berantakan. Kolagen juga memberikan kulit kekuatan dan daya tahan dan bertanggung jawab untuk kelancaran, penampilan tebal muda, kulit yang sehat. Dengan memahami struktur dan fungsi collagen dengan lebih baik, Anda tahu lebih baik bagaimana mempertahankan penampilan yang sehat dan tampak muda.

Apa itu kolagen?
Kolagen adalah protein struktural utama tubuh yang terdiri dari tiga rantai protein yang melilit menjadi tiga heliks yang ketat. Struktur unik ini memberikan kekuatan tarik yang lebih besar bagi collagen daripada baja. Sekitar 33 persen dari protein di dalam tubuh adalah collagen . Protein ini mendukung jaringan dan organ dan menghubungkan struktur ini dengan tulang. Bahkan, tulang juga terdiri dari collagen yang dikombinasikan dengan mineral tertentu seperti kalsium dan fosfor.

Collagen memainkan peran kunci dalam menyediakan perancah struktural di sekitar sel yang membantu mendukung bentuk dan diferensiasi sel, mirip dengan bagaimana batang baja memperkuat blok beton. Jaringan kolagen seperti-mesh mengikat sel bersama dan menyediakan kerangka kerja pendukung atau lingkungan di mana sel-sel mengembangkan dan berfungsi, dan menyembuhkan jaringan dan tulang.

Kolagen

Kolagen dan kecantikan
Collagen membentuk 75 persen kulit kita; Dengan demikian, penampilan yang halus dan tebal dari kulit yang muda dan sehat sebagian besar karena adanya kadar collagen yang sehat. Oleh karena itu mencari pencari kecantikan di seluruh dunia untuk menemukan cara-cara baru untuk merangsang tingkat collagen dan mengembalikan kerusakan kolagen – bahkan beberapa pergi sejauh untuk protein kolagen disuntikkan ke dalam kulit untuk mendapatkan keriput gemuk dan volume untuk bibir. Kerusakan collagen yang sehat dan penurunan produksi collagen mengarah ke pengembangan kerutan yang tidak diinginkan dan munculnya kulit yang menua.

Sintesis Collagen
Kolagen diproduksi oleh fibroblas, sel-sel kulit khusus yang terletak di dermis. Fibroblas juga menghasilkan protein struktur-kulit lain seperti elastin (protein yang memberi kulit kemampuan untuk muncul kembali) dan glucosaminoglycans (GAGs). GAG membentuk substansi tanah yang membuat dermis terhidrasi. Dalam rangka untuk menunjukkan produksi protein struktural kulit, atau untuk mengaktifkan, sel-sel fibroblast memiliki reseptor berbentuk khusus pada membran luar mereka yang bertindak sebagai situs mengikat yang molekul sinyal dapat cocok dengan bentuk yang tepat. Ketika reseptor terikat oleh kombinasi yang tepat dari molekul pemberi sinyal (disebut faktor pertumbuhan fibroblast atau FGF), fibroblast dimulai dengan produksi collagen .

Fibroblast awalnya menghasilkan subunit kolagen pendek yang disebut procollagen. Ini diangkut dari sel-sel fibroblast dan kemudian bergabung bersama untuk membentuk molekul colla gen lengkap. Vitamin C bertindak sebagai faktor-bersama selama banyak langkah dari proses. Tanpa kadar vitamin C yang cukup, pembentukan collagen terganggu. Gangguan ini menyebabkan berbagai gangguan seperti penyakit kudis, penyakit di mana tubuh tidak memproduksi kolagen dapat dan sebagai hasilnya, pada dasarnya, jatuh terpisah memburuk jika ini struktur pendukung (collagen ).

Sintesis collagen berlangsung terus menerus sepanjang hidup kita untuk memperbaiki dan mengganti jaringan kolagen yang rusak atau membangun struktur seluler baru. Penguraian dan daur ulang colla gen lama atau rusak adalah proses alami yang sehat yang digunakan untuk membuat fragmen protein yang dibutuhkan untuk membangun struktur seluler baru, seperti dalam proses penyembuhan. Dengan usia, tingkat kolagen menurun sebagai akibat dari penurunan produksi dan peningkatan degradasi.

Lindungi kadar collagen saat ini dan mencegah kerusakan kolagen di masa mendatang
Cara terbaik untuk mempertahankan penampilan yang sehat dan awet muda adalah melindungi collagen sehat yang Anda miliki saat ini dan mencegah kerusakan colla gen di masa mendatang. Ada dua cara untuk melakukan ini: 1) hindari radiasi UVA dan UVB dan 2) hindari kerusakan radikal bebas.

Paparan radiasi ultraviolet (UVA dan UVB) dari matahari adalah penyebab paling subur penuaan dini kulit, terhitung sekitar 90 persen dari tanda-tanda yang terkait dengan penuaan kulit. Paparan UV harus dibatasi dan orang harus memakai tabir surya setiap hari untuk melindungi kolagen yang sehat. Banyak perusahaan perawatan kulit memahami kebutuhan ini dan memasukkan tabir surya ke peningkat hari mereka.

Langkah pencegahan kedua dalam melindungi kadar kolagen yang ada dan masa depan adalah suplemen dengan antioksidan baik lisan maupun lokal. Karena antioksidan melawan radikal bebas dari sinar UV, ozon, polusi, asap rokok dan proses metabolisme internal, mereka mencegah pemecahan serat collagen yang ada dan melindungi fungsi sel fibroblas yang sehat.

Promosi sintesis kolagen baru
Ada banyak cara untuk mempromosikan sintesis collagen baru yang sehat. Pertama, Anda dapat memberikan kulit dengan cadangan vitamin C. Sebagai co-factor yang diperlukan dalam sintesis colla gen , vitamin C telah membuktikan bahwa ia meningkatkan produksi kolagen. Satu penelitian menunjukkan bahwa paparan jangka panjang sel jaringan ikat manusia terhadap vitamin C merangsang peningkatan delapan kali lipat dalam sintesis kolagen (Murad et al., 1981).

collagen

Cara lain untuk mempromosikan sintesis kolagen adalah dengan menggunakan exfoliant kimia, seperti alpha hydroxy dan polyhydroxy acids, yang memecah ikatan antara sel-sel stratum korneum dan mengekspos kulit mati. Pengelupasan yang konsisten merangsang pembaharuan sel. Pengelupasan kulit juga telah terbukti meningkatkan ketebalan kulit. Para ilmuwan menghubungkan penebalan dermal ini dengan sintesis glikosaminoglikan dan kolagen dalam dermis.

Cara ketiga untuk mempromosikan sintesis kolagen adalah untuk melengkapi dengan peptida yang merangsang collagen . Fibroblast secara alami dirangsang untuk memulai sintesis collagen ketika kombinasi spesifik dari molekul sinyal peptida (faktor pertumbuhan fibroblast) berikatan dengan situs reseptor pada membran fibroblast. Molekul sinyal ini dapat ditambahkan secara lokal dan membantu menstimulasi produksi kolagen. Beberapa perusahaan perawatan kulit memasukkan fragmen peptida ini ke dalam produk perawatan mereka.

Karena kolagen memberikan kulit kekuatan, daya tahan dan penampilan halus dan gemuk, penting untuk melindungi dan meningkatkan pertumbuhan collagen . Merawat kulit Anda berarti merawat collagen Anda.

Zoe Diana Draelos
M.D., F.A.A.D.

Dr. Draelos bekerja secara intensif dengan Nu Skin untuk menciptakan Nu Skin® Profiler dan melakukan penelitian klinis tentang penggunaan Tru Face ™ Revealing Gel dengan Polishing Peel ™ dan studi pada Tru Face ™ Line Corrector dan Tru Face ™ IdealEyes.® anggota dewan direksi Akademi Dermatologi Amerika dan memiliki minat penelitian dalam kosmetik, perlengkapan mandi dan obat-obatan kulit yang aktif secara biologis. Dr. Draelos adalah dokter kulit bersertifikat yang terlatih di High Point, North Carolina, dan seorang profesor klinis dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Wake Forest.

Produk nu skin yang berfungsi meningkatkan dan  menjaga jaringan collagen

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat
%d bloggers like this: